Random Post

Recent

Kecerdasan Buatan AI Bakal Ambil Alih Pekerjaan Manusia!!

Robot AI

Zonaman.info - Semakin pesat teknologi berjalan maju tak bisa dipungkiri alat - alat canggih mulai bermunculan sampai - sampai anak-anak jaman sekarang tidak bergaul dengan teman, melainkan Gadget atau yang berhubungan dengan Teknologi.

 Dengan kehadiran Robot atau artificial intelligence (AI) selama ini diyakini akan mengambil alih pekerjaan manusia

“Pada lima tahun berikutnya yakni tahun 2025, lapangan pekerjaan baru yang akan tercipta akan meningkat dari 500 ribu menjadi 2 juta,” kata Direktur Riset Gartner, Manjunath Bhat seperti dikutip dari CNBC.

“Jumlah pekerjaan baru yang terdampak akan bervariasi antar industri. Sektor publik, kesehatan, dan pendidikan diperkirakan menjadi sektor yang paling banyak menciptakan lapangan pekerjaan sementara sektor manufaktur dan transportasi mungkin akan mengalami pukulan paling berat,” ucapnya.

Menurut Bhat, kehadiran robot bukan hendak mengambil pekerjaan manusia, tapi justru memberikan kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Pasalnya, pekerjaan yang tidak terlalu bernilai akan digantikan oleh AI.

“Saya pikir itu kita seharusnya kita mulai mengubah cara pandang kita dalam melihat AI,” ujarnya.

Proyeksi Gartner berbeda dengan peringatan bahaya AI yang yang pernah diutarakan oleh sejumlah teknolog. Diantaranya CEO Tesla, Elon Musk. Musk mengatakan, pengembangan AI bisa mendorong ‘Perang Dunia ke-3’. Dia juga mengingatkan agar manusia menggabungkan dirinya dengan mesin untuk menghadapi kemungkinan AI mengembangkan dirinya sendiri.


Selain itu, teknolog lain, Kai-Fu Lee yang merupakan pendiri modal ventura Sinovation Ventures juga menyebut, kehadiran robot akan menggantikan 50 persen dari total pekerjaan yang ada di seluruh dunia dalam waktu kurang dari sepuluh tahun lagi.

Namun, Gartner berpandangan bahwa AI memang akan menghilangkan jutaan pekerjaan level menengah dan bawah. Namun, AI juga diyakini akan menciptakan berbagai jenis pekerjaan baru, termasuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian tinggi, posisi manajemen, hingga pekerjaan pemula dan level rendah.

Gartner juga menyarankan industri untuk segera beradaptasi dengan kehadiran AI.

Pekerjaan yang dimaksud mulai dari kemampuan menerjemahkan bahasa asing pada 2024, menulis tugas sekolah pada 2027, menyelesaikan pekerjaan ritel pada 2031, menulis buku best seller pada 2049, hingga melakukan operasi pada 2053.

Menurut prediksi periset, pekerjaan manusia akan tergantikan oleh robot 120 tahun dari sekarang. Prediksi periset di Asia justru lebih cepat ketimbang di Amerika Utara.

"Kita penasaran seperti apa produk kecerdasan buatan dengan teknologi lebih canggih dikembangkan. Kita ingin tahu bagaimana hasilnya ke depan," ujar Katja Grace, Machine Intelligence Research Institute di Berkeley, California, AS, seperti dikutip Digital Trends.

Grace pun mempertanyakan apakah mungkin kecerdasan buatan setara dengan kemampuan manusia, mungkin dikembangkan dan seperti apa akselerasinya.

"Kami juga menanyakan kepada korespenden kami mengenai keuntungan dan dampak buruk terhadap kecerdasan buatan. Kami menemukan banyak perbedaan pandangan, tetapi jika melihat risikonya, prediksi ini harus menjadi perhatian," jelas Grace.

Author : Zonaman
close
close